Setiap umat Islam wajib mengingat Allah atas semua kenikmatan dan keberkahan yang sudah diberikan pada kita. Salah satunya adalah dengan amalan dzikir pagi.

Dzikir menjadi amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam dalam mengingat Allah SWT. Dzikir bisa dilakukan hanya dengan menyebut pujian atau lafadz Allah di mana saja dan kapan saja.

 

Manfaat Dzikir Pagi

Pagi hari menjadi salah satu waktu berdzikir yang tepat. Dengan mengamalkan dzikir di pagi hari, Anda bisa mendapatkan banyak hal yang menjadi keutamaannya, yaitu:

1. Mendapatkan pahala

Manfaat yang pertama tentu saja mendapatkan pahala dari Allah SWT. Allah sangat menyukai hamba-Nya yang senantiasa membaca dzikir dengan menyebut nama-Nya. Semakin banyak dilakukan, maka semakin banyak pahala yang didapatkan.

2. Meningkatkan amalan

Manfaat yang kedua sudah tentu bisa meningkatkan amalan yang didapatkan. Seseorang yang selalu mengucap dzikir bisa menjadi pribadi yang baik dan selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

3. Mendapat ketenangan

Berdzikir juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan ketenangan hidup. Hati akan terasa lebih tenang sehingga pikiran jadi lebih segar. Jika Anda mendapati masalah, berdzikir merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah dengan menenangkan diri, sehingga masalah tersebut bisa diselesaikan tanpa ada masalah.

4. Memohon perlindungan

Berdzikir juga menjadi salah satu cara memohon perlindungan kepada Allah SWT. Jika Anda berdzikir di pagi hari, Allah akan selalu memberikan perlindungan dari pagi hingga malam. Anda bisa terlindungi dari berbagai macam hal, dan salah satunya adalah godaan syaitan.

Ada berbagai bacaan yang bisa dijadikan sebagai bacaan doa amalan dzikir pagi. Jika Anda sedang membutuhkan referensi bacaan dzikir, berikut ini bacaan yang bisa Anda coba.

 

Bacaan Untuk Amalan Dzikir Pagi

1.      Bacaan ta’awudz

Bacaan yang pertama ini merupakan permohonan kepada Allah untuk berlindung dari godaan syaitan. Dengan membaca bacaan satu ini, Anda akan terhindar dari setiap godaan syaitan. Terutama godaan untuk melakukan dosa dan sebagainya.

2.      Ayat kursi

Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al Baqarah ayat 255. Baccan ini bisa dibaca sekali di pagi hari. Siapa yang membacanya maka akan dilindungi oleh Allah dari segala macam gangguan. Jika dibaca di pagi hari, Allah akan melindunginya hingga malam tiba. Begitu juga sebaliknya.

3.      Al ikhlas, an naas, al falaq

Bacaan selanjutnya adalah tiga surat pendek yang ada di dalam Al Qur’an, yaitu surat al ikhlas, an naas, dan al falaq. Ketiganya bisa dijadikan sebagai bacaan dzikir di pagi hari. Barang siapa yang membaca ketiga surat tersebut, dan masing-masing dibaca sebanyak tiga kali, maka segala sesuatunya akan selalu dicukupkan.

4.      Sayyidul istighfar

Bacaan selanjutnya adalah sayyidul istighfar yang jika dibaca dengan penuh keyakinan di pagi hari, dan kemudian ia meninggal sebelum malam, surge merupakan tempat untuknya. Begitu juga jika dibaca saat malam hari.

Selain beberapa bacaan dzikir di atas, masih ada banyak bacaan lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai bacaan dzikir di pagi hari. Dengan mengamalkannya, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, terutama di pagi hari hingga malam menjelang.

Itulah mengenai amalan dzikir pagi yang harus Anda ketahui. Jadilah umat Muslim yang selalu berdzikir dengan menyebut nama Allah SWT karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dan menjadikan diri lebih dekat kepada Sang Pencipta.