Islam merupakan agama yang sempurna dengan berbagai ajaran yang bisa menuntun umat manusia menuju kebaikan meski hanya dari hal kecil yang begitu sederhana hingga hal yang paling kompleks. Bisa dikatakan mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi, semua hal bisa dikupas secara tuntas dan lugas. Kali ini yang akan dibahas adalah amalan dzikir sore yang bisa diamalkan oleh umat Muslim.

Manfaat Dzikir Sore

Seperti halnya dzikir pagi, mengamalkan dzikir di sore hari bisa memberikan manfaat yang tidak jauh berbeda. Seseorang yang mengamalkan dzikir sore akan mendapatkan manfaat mulai dari sore hingga pagi menjelang.

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan adalah:

1. Mendapat perlindungan

Membaca dzikir menjadi salah satu cara memohon perlindungan dari Allah SWT. Anda senantiasa mendapatkan perlindungannya dari berbagai hal, seperti godaan syaitan yang bisa menjerumuskan Anda ke dalam jurang dosa.

2. Menenangkan pikiran

Jika Anda tengah mendapati masalah dalam hari Anda, dzikir sore bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah Anda. Dengan berdzikir, pikiran akan jadi lebih tenang. Begitu juga hati akan jadi lebih lapang. Dengan begitu, masalah bisa diselesaikan.

3. Mencegah perbuatan dosa

Selalu mengucap nama Allah merupakan hal yang wajib dilakukan para Muslim. Dengan berdzikir maka Anda akan selalu mengingat nama Allah SWT sehingga bisa menjadi pengingat dan mencegah perbuatan dosa.

4. Meningkatkan pahala

Manfaat membaca dzikir tentu saja bisa meningkatkan pahala. Semakin sering berdzikir maka semakin banyak pahala yang didapatkan.

Banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan membaca dzikir di waktu sore. Manfaat yang bisa Anda dapatkan bisa dimulai dari waktu sore hingga pagi menjelang. Karena itu, sebagai umat Muslim harus selalu berdzikir kepada Allah SWT.

Bacaan Amalan Dzikir Sore

Dalam amalan dzikir sore, terdapat berbagai bacaan yang bisa Anda coba, seperti:

1. Membaca muawidzatain

Dengan menengadahkan kedua telapak tangan, lalu ditiup dan membaca dzikir berupa surat pendek al ikhlas, an naas, dan al falaq. Kemudian mengusap tubuh yang bisa dijangkau, mulai dari kepala hingga bagian tubuh depan. Amalan dzikir ini bisa menjauhkan Anda dari godaan syaitan dan juga jenis kejahatan lainnya.

2. Membaca ayat kursi

Ayat kursi merupakan bacaan yang menjadi bagian dari surat al baqarah. Barang siapa yang selalu membaca ayat kursi sebelum tidur, Allah akan selalu memberikan perlindungan bagi dirinya dari setiap gangguan setan, mulai dari sore hingga pagi hari.

3. Membaca al baqarah ayat 285-286

Bacaan surat al baqarah ayat 285-286 merupakan bacaan yang bisa Anda baca saat berdzikir sebagai cara untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Allah akan selalu memberikan ampunan kepada siapa saja yang memohon kepada-Nya. Dengan melafalkan bacaan tersebut, Anda senantiasa mendapat ampunan dan dosa akan berguguran.

4.  Doa sebelum tidur

Doa sebelum tidur juga bisa menjadi bacaan di waktu malam. Meski bukan salah satu bacaan dzikir, doa sebelum tidur juga memiliki keutamaan tersendiri.

Manfaat membaca doa sebelum adalah meminta perlindungan kepada Allah dari berbagai kejahatan saat mata sudah terpejam. Doa sebelum tidur juga menghindarkan diri dari mimpi buruk karena gangguan syaitan.

Demikianlah mengenai amalan dzikir sore yang bisa Anda lakukan sebagai umat Muslim. Amalkan di sore hari agar bisa mendapatkan manfaat dari sore hingga pagi menjelang. Selain itu, berdzikir juga bisa meningkatkan pahala bagi siapa saja yang melakukannya.